Lokasi Outbound Malang

Di Indonesia yang berada di wilayah kepulauan serta keunikan setiap daerah outbound malang karena topografi yang berupa pegunungan dan dataran rendah menimbulkan berbagai keaneka ragaman lokasi dan tempat wisata alam yang mengagumkan,salah satunya sering kita ketahui banyaknya air terjun yang ada di Indonesia,baik yang sudah terkenal maupun yang bahkan belum diketahui keindahannya oleh banyak orang mulai dari yang besar kecil,tinggi rendah dan masih banyak lagi air terjun yang memiliki setiap keunikan tersendiri di berbagai daerah karena perbedaan letak geografis dan topografi yang berbeda-beda di tiap daerah di indonesia.

Curug Cikaso atau dalam bahasa sunda dikenal dengan nama Air Terjun Cikaso, merupakan salah satu gugusan air terjun outbound malang  yang ada di selatan Kabupaten Sukabumi.sebelumnya  Air terjun cikaso ini lebih dikenal sebagai Curug Luhur, namun nama Curug Cikaso sekarang lebih dikenal masyarakat sekitar dikarenakan asal muasal aliran air terjun tersebut berasal dari anak Sungai Cikaso yaitu Sungai Cicurug.

Keunikan yang dimiliki Curug Cikaso adalah sebuah aliran air terjun yang terbentuk dari tiga titik air terjun berbeda yang berdampingan dalam satu lokasi di mana dibawah air terjun ini terbentuk kolam dengan kedalaman mencapai 15m berwarna hijau kebiru-biruan hasil pertemuan ketiga titik air terjun tersebut,Ketiga curug ini memiliki ketinggian rata-rata sekitar 80 meter dengan lebar tebingnya antara 100m kurang lebihnya.

Aliran air dari kolam air terjun  ini mengalir ke Sungai Cikaso hingga menuju muara dekat Samudra Hindia di perbatasan Kec. Cibitung dengan Kec. Tegal Buleud. Curug Luhur, namun nama Curug Cikaso lebih dikenal masyarakat sekitar dikarenakan aliran airnya berasal dari anak Sungai Cikaso yaitu Sungai Cicurug, terdapat juga jasa wisata outbound malang berupa transportasi air seperti  perahu dan sampan, dengan tarif  Rp 10.000/orang yang berada di anak sungai Cikaso dekat bagian bawah air terjun.

Ada beberapa jalur yang bisa ditempuh untuk mencapai lokasi outbound malang tersebut, jalur pertama yaitu Jampang Kulon lalu masuk ke arah cikaso, kurang lebih 5 km perjalanan dari pertigaan/pasar Cinagen. Sedangkan jalur kedua yaitu dengan memutar berkeliling dimulai dari pertigaan Cibarehong, Surade ke arah SMAN 1 Surade sekitar 3 km dari pertigaan Cibarehong  lalu masuk ke kiri,. Kondisi jalan menuju air terjun ini cukup sulit karena medan masih berupa alam dikarenakan banyaknya badan jalan yang berlubang, serta medan jalan yang berat, di mana banyak terdapat tikungan tajam, tanjakan, dan turunan curam,oleh karena itu persiapan fisik dan kendaraan sebelum menuju ke Curug Cikaso perlu dipastikan terlebih dahulu.

Pemerintah Kabupaten Sukabumi menjatuhkan Dengan tiket masuk biaya retribusi tarif sebesar Rp.3.000 untuk masuk ke kawasan curug indah ini. Setelah itu pengunjung diharuskan untuk berjalan kaki dengan lokasi melewati areal pesawahan sepanjang 300 m hingga akhirnya sebelum sampai di air terjun cikaso.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *